03 September 2012

Ciri perbedaan konstitusi pada beberapa negara

Yang satu ini Pelajaran PKN, yaitu disuruh menulis perbedaan konstitusi pada beberapa negara di dunia ini.Copas aja untuk pelajaran.


INDONESIA
·                     Mekanisme demokrasi Pancasila telah tercantum didalam Penjelasan UUD 1945. Penjabaran lebih lanjutsistem Pemerintahan negara sebagai berikut :
·                     Indonesia ialah negara yg berdasar atas hukum.
·                     Indonesia menggunakan sistem konstitusional.
·                     Kekuasaan negara yang tertinggi di tangan MPR.
·                     Presiden ialah penyelenggara pemerintahan negara tertinggidi bawah majelis.
·                     Presiden tidak bertanggung jawab kepada DPR.
·                     Menteri negara adalah pembantu Presiden ; Menteri negaratdk bertanggung jawab kpd DPR.
·                     Kekuasaan kepala negara tidak tak terbatas.

Konsepsi Konstitusi negararepublik Indonesia bersumber kepada UUD1945, dan berdasarkan Pancasila.

Lembaga-lembaga Kenegaraan
Lembaga-lembaga kenegaraan sesuai dengan UUD 1945 (amandemen) adalah Majlis Permusyawaratan Rakyat (pasal 2-3), Presiden (Pasal 4-16), Dewan Perwakilan Rakyat (Pasal 19-22 B),Cadan Pemeriksa Keuangan (Pasal 23 E dan 23 F) dan Mahkamah Agung (Pasal 24 A) Gambaran umum mengenal lemnaga-lembaga kemegaraan berdasarkan UUD 1945 (amandemen) dapat dilihat dalam uraian dibawah ini:
·                     Majelis PermusyawaratanRakyat (MPR)
·                     Presiden
·                     Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)
·                     Badan Pemeriksa Keuangan
·                     Mahkamah Agung (MA)

KANADA
Kanada, secara historis dikenal sebagai Dominion of Canada, adalah negara paling utara di Amerika Utara. Merupakan federasi dari 10 provinsi dan 3 teritori dengan sistem desentralisasi dan pemerintahan berbentuk monarki konstitusional. Dibentuk tahun 1867 dengan undang-undang Konfederasi.
Semua negara di dunia mempunyai konstitusi tertulis, kecuali inggris dan. kanada. di beberapa negara ada dokumen tetapi tidak disebut konstitusi kanada adalah sebuah negara sekuler yang menghargai adanya kebebasan. hal itu seperti terlihat dalam kutipan di atas. dalam. konstitusi kanada, tahun 1986, oleh a sudrajat - artikel terkaitkarena konstitusi kanada secara formal tidak melindungi kebebasan berekspresi sampai tahun 1982, pengadilan-pengadilan tidak membatasi gerakan- 7. kanada. konstitusi kanada tidak menyebut adanya agama resmi negara, melainkan hanya menyatakan bahwa kanada didirikan atas prinsip-prinsip pendangan yang sk 4 kd 2 substansi konstitusi/nurhadi/becreative.moodlehub.… page 3 itu sulit diubah kapanpun. contohnya konstitusi di amerika, kanada, jerman, pengertian konstitusi. substansi konstitusi negara. kedudukan konstitusi rigid, agar tidak mudah dirubah hukum dasarnya (amerika, kanada, jerman dan jenis berkas: pdf/adobe acrobattidak memiliki naskah konstitusi yang bersifat tertulis, sedangkan kanada memiliki naskah undang-undang dasar seperti di negara kita. b. objek pengujian negara di dunia mempunyai konstitusi tertulis, kecuali inggris dan. kanada. di beberapa negara ada dokumen tetapi tidak disebut konstitusioleh ir maksum - artikel terkait18 jul 2003 dalam konstitusi kanada, sejak 1867, ditetapkan bahwa lembaga legislatif memiliki kekuasaan terhadap pemerintah federal maupun negara bagian
AFRIKA UTARA
Raja Maroko Muhammad VI mengumumkan serangkaian reformasi konstitusi. Dalam sebauh pidato, Jumat (17/6) malam, itu dia mengatakan akan mengubah negara Afrika Utara menjadi monarki konstitusional.

Di bawah konstitusi baru, raja akan tetap menjadi panglima tertinggi angkatan bersenjata dan diformalkan sebagai pemegang otoritas keagamaan tertinggi di negara ini. Pidato ini menjadi klimaks upaya yang telah berlangsung tiga bulan untuk mengevaluasi konstitusi pasca-gelombanng protes mulai melanda negara-negara Afrika Utara sejak Februari.

Segera setelah pidato Muhammad VI berakhir, massa berkonvoi di jalanan dengan membunyikan klakson atau menabuh drum.

Maroko telah lama memiliki sistem parlementer dengan puluhan partai, tetapi demokrasi tetap lemah karena raja masih sangat berkuasa. Pada kenyataannya, raja masih tetap populer namun ada kekecewaan birokasi di sekitar raja yang dianggap korup.

Muhammad VI mengatakan, "Reformasi konstitusional ini meletakkan dasar untuk sistem yang efisien, rasional konstitusional dengan inti elemen adalah keseimbangan, kemerdekaan, dan pemisahan kekuasaan. Dan, yang terpenting tujuannya adalah kebebasan dan martabat rakyat. "

Konstitusi baru mengangkat perdana menteri untuk "kepala pemerintahan" dan dia berasal dari partai dengan suara terbanyak dalam pemilihan umum. Perdana menteri juga akan memiliki kekuatan baru memilih dan pemberhentian anggota kabinet dan akan dapat mengisi sejumlah posisi pemerintah lain. Tapi, raja
tetap punya hak mengangkat gubernur.

SELANDIA BARU
Konsititusi Selandia Baru seperti konstitusi Inggris, adalah konstitusi fleksibel (luwes) ,konstitusi yang dapat diubah melalui proses yang sama dengan undang-undang. Artinya, perubahan itu dilakukan melalui cara yang tidak, seperti melalui pemungutan suara dengan sistem suara terbanyak mutlak.
Pemerintahan Selandia Baru adalah monarki konstitusional dengan demokrasi parlementer. Ratu Elizabeth II adalah kepala negara yang diberi gelar Queen of New Zealand yang diwakilkan secara khusus oleh Gubernur Jenderal. Pengangkatan seorang gubernur jenderal dilakukan atas saran khusus dari perdana menteri.

Peran gubernur jenderal adalah sebagai pengganti kekuasaan kepala negara, yaitu untuk mengangkat dan memberhentikan seorang menteri serta mengkepalai dewan eksekutif yang terdiri atas para menteri. Fungsi konstitusional yang dimiliki oleh seorang gubernur jenderal adalah untuk menyatukan seluruh partai-partai besar yang ada untuk membentuk sebuah pemerintahan. Berdasarkan perjanjian konstitusional, gubernur jenderal bertindak atas saran dari para menteri yang mempunyai dukungan besar di parlemen.

Sedangkan KROASIA
Karena adopsi dari 1990 Konstitusi, Kroasia telah menjadi demokrasi. Antara 1990 dan 2000 ini memiliki sistem semi-presiden, dan sejak 2000 ia memiliki parlemen sistem.

Presiden Republik (Predsjednik) adalah kepala negara, dipilih secara langsung untuk lima tahun dan dibatasi oleh konstitusi untuk maksimal dua istilah . Selain menjadi komandan di kepala dari angkatan bersenjata, presiden mempunyai kewajiban prosedural penunjukan Perdana Menteri dengan persetujuan dari Parlemen, dan memiliki pengaruh pada politik luar negeri. Nya kediaman resmi adalah Predsjednički dvori. Selain itu dia panas Residences di pulau Vanga (Brijuni pulau-pulau) dan pulau Hvar.

Parlemen Kroasia (Sabor) adalah unicameral legislatif (kedua ruang, maka "Rumah negara", yang didirikan oleh Konstitusi 1990, pada tahun 2001 telah ditiadakan) . Jumlah sabor dari anggota dapat bervariasi dari 100 hingga 160; mereka semua dipilih oleh suara rakyat untuk melayani empat tahun istilah. Pleno pada sesi sabor yang berlangsung dari 15 Januari ke 15 Juli, September dan dari 15 sampai 15 Desember.

Pemerintah Kroasia (Vlada) yang dipimpin oleh Perdana Menteri yang memiliki dua wakil perdana menteri dan empat belas menteri di sektor tertentu biaya kegiatan. The eksekutif yang bertanggung jawab untuk mengajukan perundang-undangan dan anggaran, melaksanakan undang-undang, dan pedoman yang asing dan kebijakan internal dari republik. Pemerintah 's kediaman resmi adalah Banski dvori.

No comments:

Post a Comment

[Blog DoFollow]

Komentar ANONIM tanpa Captcha guys . . . ! , jadi TERIAKLAH SEKENCANG-KENCANGNYA . . . !!!