17 September 2012

Tokoh Matematika Keple dan Newton



Tokoh Matematika
Kali ini Ghesa mau membagikan hasil ketikan tentang Tokoh Matematika yang ada di dunia ini (hanya mnyalin tapi ktiknya capk tuh). Langsung aja dh dibaca , , :)

Johannes Kepler adalah seorang matematikawan jerman, astronom, dan astrolog, serta tokoh penting dalam revolusi sains abad 17. Ia terkenal dengan hukum fisika tentang gerak planet yang dikodifikasi oleh para astronom sesudahnya berdasarkan tulisan-tulisannya Astronomia Nova, Harmonices Mundi, dan epitorme of copernican Astronomy. Tulisan-tulisan itu jugamendasari sallah satu teori Newton tentang gaya gravitasi universal.
Selama karirnya, Kepler pernah menjadi guru matematika disebuah sekolah seminari di Graz, Austria; menjadi asisten astronom Tycho Brahe; penasihat matematika untuk Kaisar Rudolf II; guru matematika di Linz, Austria; dan penasihat untuk jendral Walenstein. Ia juga menghasilkan beberapa karya dibidang optik, menemukan teleskop bias yang lebih maju (Teleskop Keplerian), dan membantu pengesahan penemuan teleskop oleh pendahulunya, Galileo Galilei.
Kepler menciptakan hukum-hukum yang terkenal, yakni
1.      Hukum I Kepler: Semua planet bergerak mengelilingi matahari dengan lintasan berupa elips, dengan matahari sebagai salah satu titik apinya.
2.      Hukum II Kepler: Garis Khayal yang menghubungkan antara planet dengan matahari menyapu luasan yang sama dengan selan waktu yang sama.
3.      Hukum III Kepler: Kuadrat periode revolusi planet sebanding dengan pangkat tiga jarak rata-ratanya dari matahari.
T2 = R3
Contoh Soal:
Jarak plane Neptunus ke matahari= 2 kali jarak planet X ke Matahari. Jika periode planet X adalah 2 tahun, tentukan periode planet Neptunus!
Jawab:
RN = 2Rx ; Tx = 2 tahun
Tx2/TN2 = Rx3/RN3 à TN2 = (Tx2RN3)/Rx3 = (Tx2(2Rx3))/Rx3
TN2 = (2 tahun)2(8Rx3)/Rx3 = (4 tahun2)(8) = 32 tahun2
TN =  tahun =  tahun.



Sir Isaac Newton

            Di samping mengembangkan hukum-hukum tentang gerak, Sir Isaac Newton juga memikirkan tentang benda jatuh. Oleh karena setiap benda jatuh mengalami percepatan, Newton menyimpulkan bahwa ada gaya yang bekerja pada benda tersebut. Newton kemudia membangun teori yang dikenal hukum Newton tentang gravitasi umum.
            Hukum gravitasi umum berbunyi sebagai berikut:
Jika ada 2 benda (m1 dan m2) dan terpisah sejauh R, pada benda-benda akan bekerja dengan gaya tarik-menarik yang besarnya sebanding dengan hasil kali kedua massa itu dan berbanding terbalik dengan kuadrat jaraknya.”
Dengan rumus sebagai berikut: F = G
Gaya gravitasi antara 2 benda pertama kali diukur oleh Henry Cavendish pada tahun 1798, seratus tahun setelah Newton mengemukakan hukum-hukum fisikanya.

Contoh Soal:
Dua buah benda yang massanya masing-masing 4kg dan 5kg diletakan pada suatu garis lurus. Jarak antara kedua benda itu adalah 2 m. Hitunglah gaya gravitasi kedua benda tersebut!
Jawab:
Diketahui: m1 = 4 kg m2 = 5 kg
Ditanya : F
Jawab : F = G  = G  = 5 G

No comments:

Post a Comment

[Blog DoFollow]

Komentar ANONIM tanpa Captcha guys . . . ! , jadi TERIAKLAH SEKENCANG-KENCANGNYA . . . !!!